Pecinta Burung Lovebird Indonesia

MANAJEMEN TERNAK ALA JUNOT LB

MANAJEMEN TERNAK ALA JUNOT LB
( Saya ga bahas jenis burung splat split dll)


1.   Buang sisa makanan jangan di ayak dan di berikan lagi : ini salah satu cara saya mencegah penyakit nyilet, karena nyilet adalah penyakit yang di timbulkan bakteri. Mikir boros, sayang klo harus dibuang kan masih banyak sisa !!! pilih boros atau nyilet, makana kasih makan burung nya di porsi. Saya memberikan stengah tempat pakan untuk 2hari, stelah itu sisa atau tidak harus di ganti. Posisikan aja kita di burung, mungkin kita juga gamau makan makanan bekas yang udah tercampur dengan kotoran meskipun udah di bersihkan

Mengobati nyilet lebih mahal, banyak obat tp jamin sembuh ga? Mencegah lebih baik drpd mengobati!!!

2.   Buang langsung sisa sayuran jagung atau kangkung jangan di biarkan sampe membusuk karena akan menimbulkan kuman(mengundang rameutuk ka kandang) hahahha.
kangkung untuk lovebird
3.   Pemberian jagung dan kangkung 2x seminggu (senen / kamis) all sikon (angkrem , lagi ngeloloh, lagi kawin kawin) kangkung di iris kecil kecil jagung juga di potong kecil aja dr 1 jagung dibagi 4 atau 5 tergantung besar panjang jagung.
Tujuan di kasih kangkung dan jagung supaya tidak kekurangan serat. Untuk pasangan produksi pertama mencegah terjadinya eggbinding atau susah keluarnya telur. Soalnya klo cm di kasih full milet kotorannya biasanya keras.

4.   Pemberian pakan racikan yang di porsi untuk mencegah burung berlemak, Selain senen dan kamis di kasih kangkung jagung di kandang kasih haver beda cepuk, sebelah kanan cepuk haver sebelah kiri cepuk racikan pakan : (racikan pakan lovebird dibahasdi artikel selanjutnya, hehehe)
pakan racik untuk lovebird
Biasakan indukan itu doyan sayur dan haver biasanya klo pas ngeloloh anakan cepet gede badannya. Timbul masalah om burung saya ga suka haver : akalin coba sehari kasih makan haver aja, nanti lama lama biasa kasarnya klo lapar ga ada steak , makan sama ikan teri aja mau drpd mati kelaparan. Pakan racikan ini dipake all sikon ( usia anakan, pas kawin kawin, pas lagi angkrem bahkan indukan lagi ngeloloh)

5.   Pemberian eggfood produk verselelaga pemberiannya stanby aja tiap hari. Tujuan nya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang ga ada di pakan racikan dan sayuran
eggfood verselelaga
6.   Pemberian serbuk Griit ( kalsium ) mencegah indukan yang lagi nelor kekurangan kalsium biasanya itu di tandai dengan indukan memakan telornya sendiri, cangkang telur tipis mudah pecah kadang pas angkrem nempel di bulu betina, ga pake serbuk griit biasanya pake tulang sotong, posisi naroh cepuk great taroh di samping makanan racikan rutin.
Grit untuk lovebird
7.   Pemberian vitamin WP all sikon seminggu 3x (selama pake vitamin vitamin burung saya ga pernah mandi jemur, tp sesekali mandi di air vitamin WP gatau karena mandi di vitamin wp atau bukan burung saya ga pernah ngalamin berkutu.vitamin wp maksimal 2hari ganti, lebih bagus tiap 1 hari ganti. Info fungsi vitamin wp mangga capcus 081802202305/7ac34df8

8.   Bahah sarang di glodok saya pake serutan dan balok kayu. ( Penggunaannya serutan kayu masukan ke glodok beli di pasar burung 4000/bungkus, buat mancing indukan kawin kasih kayu balok nanti jantan dan betina gigitin kayu bareng bikin sarang bareng bareng. Penting pas indukan ngeloloh kayu balok ada di kandang tujuan supaya alas sarang di glodok tetep kering dan tidak lembab.
serutan kayu balok
9.   Sistem ternak saya pake kandang kotak (batre) supaya mempermudah mengenal karakter indukan.
kandang batre
10. Ternak menggunakan sistem babuan karena kesibukan ga bisa HF, sistem babuan ini adalah sistem yang bikin banyak duit. (rahasianya dibahas diartikel selanjutnya,, hehehe)
ternak babuan
11. Bersihkan kandang 2hari sekali, alas kandang cuci bersih pake sabun.

12. Pengen berkembang harus up ke burung yang lebih mahal, buat pemula belajar dr yang murah murah dulu aja, nikmatin prosesnya tunjukin klo kita sayang sama mereka.

13. Gausah mikir mahal untuk hasil maksimal.

Ini yang saya inget. Klo ada beberapa pertanyaan boleh isi di koment bukan niat ngajarin tp kita sharing ilmu aja, ilmu saya masih cetek masih banyak ilmu di senior lain. Tp apalah arti banyak ilmu kloga bermanfaat bagi orang lain, banyakin sedekah dan terus berbuat baik, percaya dan yakin apapun yang terjadi itu atas campur tangan tuhan.....

6 comments:

  1. sharing perbandingan pakan burungnya suhu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.lovebirdlover.com/2017/05/racikan-pakan-untuk-lovebird.html

      Delete
  2. Kalau burung udah kawin atau udah nelur. Ap msih dksih fitamin WP. Tkutnya over birahi. Mhon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih boleh hanya pemberiannya saja yang dikurangi tdk setiap hari

      Delete

Copyright © Lovebird Lovers Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design