Pecinta Burung Lovebird Indonesia

Racikan Pakan Lovebird Juara

RACIKAN CAMPURAN OLAHAN PAKAN BIJI-BIJIAN LOVEBIRD

Mungkin para LoveBird Lover’s di luaran sana sudah banyak yang tahu juga soal racikan ini, atau mungkin juga ada yang tidak setuju menggunakan racikan ini, karena sempat juga saya ngobrol dengan salah satu Breeder LB kelas Kakap (bermodal gede..he..he).
Racikan Pakan Lovebird Juara
Bahwa bagi dia LB di alam bebasnya memakan makanan apa adanya tanpa di olah terlebih dahulu, nahh.. bagi dia biji-bijian (Milet Merah/Putih, Kwaci, Canary Sheet, dll.) tidak perlu dicuci atau diolah terlebih, biarkan saja apa adanya. Nahh..ya itu tadi kembali ke prinsip dan metode ternak/pemeliharaan LB masing masing serta tentunya
kemampuan masing-masing LoveBird Lover’s. Misal :
  • Yang berkantong tebal, sanggup-sanggup saja membeli pakan/obat-obatan/vitamin yang terkenal bagus dan harga mahal, bahkan yang import sekalipun.
  • Yang berkantong pas-pasan seperti saya ini, selalu ingin mencoba dan mencoba, dengan prinsip selagi ada yang murah dan cocok buat LB saya kenapa tidak saya coba dan sebisa mungkin meminimalisir penggunaan bahan-bahan kimia.
Tanpa ada niatan dari saya untuk menggurui, hanya sekedar sharing saja dan kebetulan ada member KLI yang meminta untuk di share. Maka saya akan mencoba sharing racikan olahan pakan biji-bijian yang selama ini saya gunakan, saya gunakan sejak pertama kali saya memelihara LB sekitar awal tahun 2010 dan sampai sekarang masih saya gunakan. 

Mengingat kondisi hawa di rumah tempat saya memelihara LB, cuacanya agak lembab, dikelilingi oleh pohon dan bambu dan curah hujan di Bogor yang juga cukup tinggi.

Beberapa orang di Bogor pun sudah mencoba racikan pakan yang saya share kepada mereka, yang mungkin juga sudah mereka modifikasi sendiri, disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Biji-bijian yang akan diracik disesuaikan dengan kebutuhan masing, diproses secara tersendiri, dengan maksud agar fleksibel dalam pencampuran nantinya.
Sebagai contoh untuk peracikan 25Kg milet putih, saya biasanya mengunakan bahan dan takaran sbb :
  1. 1 Kg Jahe (dicuci bersih)
  2. ¾ Kunyit (dicuci bersih)
  3. ¾ Kencur (dicuci bersih)
  4. 5 Butir Telur Bebek atau Ayam Kampung (Ambil kuningnya saja)
  5. 1 Box Madurasa (Madu Murni lebih baik)
Cara Pengolahan :
  1. Bahan 1,2 dan 3 diparut, kemudian peras airnya dan buang hampas nya.
  2. Cuci bersih milet, kemudian tiriskan.
  3. Tambahkan air secukupnya pada bahan 1,2 dan 3, kira-kira milet 25Kg terendam semua dan sempurna.
  4. Sebelum air perasan Bahan 1,2 dan 3 di tuangkan ke Milet, tambakan dulu kuning telur dan Madu serta aduk hingga merata.
  5. Rendam milet menggunakan cairan racikan tadi, kemudian tutup wadah rendaman. Waktu pengerjaan sebaiknya mulai direndam sekitar jam 19.00 sampai pagi hari sekitar jam 06.00
  6. Kemudian tiriskan/saring airnya. Kemudian jemur di matahari terik hingga mengering.
  7. Pakan siap digunakan
Hal ini dapat juga dilakukan pada pakan biji-bijian lainnya, seperti Kwaci, Milet Merah, Canary Sheed, dll., dengan porsi bahan racikan disesuaikan.

Sekali lagi, tidak ada maksud dari Saya untuk menggurui, hanya sekedar berbagi ilmu dan pengalaman yang saya miliki sebagai titipan dari Allah SWT, wajib bagi saya untuk berbagi kepada orang lain selama mereka membutuhkan. Dan saya tidak berani meng-klaim bahwa racikan yang saya gunakan ini pasti cocok juga jika diterapkan pada orang lain. Silahkan dinilai sendiri nantinya, jika kurang monggo ditambahkan.

SEMOGA BERMANFAAT
Salam KLI,

MGS BF

Sumber : Komunitas Lovebird Indonesia

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird Lovers Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design