Pecinta Burung Lovebird Indonesia

Tips Breeding Lovebird untuk pemula

Breeding lovebird itu tidak semudah seperti yang kita bayangkan untuk breeding / berternak lovebird Ya memang susah susah gampang kalau mendengar cerita para breeder yang telah sukses berternak Lovebird pasti menggiurkan dan pastinya mau seperti mereka. Tapi jangan lupa sebelum sukses mereka juga mengalami suka dukanya sampai saat inipun pasti mereka tetap mengalami suka dukanya, tapi lebih banyak sukanya karena mereka sudah tau apa yang harus dilakukan jika mengalami problem yang timbul di farmnya.
breeding lovebird
Untuk itu bagi pemula yang hendak belajar breeding Lovebird disarankan sebaiknya belajarlah terlebih dahulu dari pasangan Lovebird dengan warna warna standard dimana harganya juga standard dibawah 2 juta sepasang.

Para pemula harus melalui proses pembelajaran karakter Lovebird yang sedang di breeding dan masalahnya :
  • Cara penjodohan
  • Setelah penjodohan
  • Masa kawin
  • Masa bertelur
  • Masa menetas
  • Hand Feeding
  • Terkena problem sakit SNOT, PATEK, KURUS, LUMPUH
  • Pemberian pakan dan asupan Vitamin yg memadai untuk produksi jangka panjangnya.
  • Manajemen Breeding yang mudah diterapkan untuk efisiensi waktu dan biaya.
Jika hanya memiliki 2 ekor Lovebird Cari burung yang sudah berumur min.7 bulan keatas karena pada umur 7 bulan keatas birahi Lovebird sudah bisa dikatakan lagi HOT HOT nya hehehe,, walau belum bisa dikatakan matang utk masa produksi tapi burung dalam usia ini sudah dalam masa beranjak dewasa dan siap untuk dikawinkan.

Jangan membeli Lovebird dengan usia yang terlalu tua, memang  dikatakan Lovebird dapat berusia sampai dengan 15 tahun, tapi biasanya lovebird yang berusia tua produktivitasnya akan berkurang.

Selain masalah masalah yang sering dihadapi di atas, pemilihan kandang untuk breeding pun merupakan salah satu hal penting yang harus kita tentukan. apakah kita akan menggunakan sistem kandang baterai atau di kandang. untuk penjelasannya sendiri akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Bagi pemula yang dananya terbatas disarankan untuk membeli Lovebird yang sudah pasti pasangan, hal ini untuk menghindari biaya yang lebih banyak untuk membeli Lovebird lain jika Lovebird yang dijodohkan tidak berjodoh.

Selamat Breeding.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird Lovers Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design