Pecinta Burung Lovebird Indonesia

Menu Makan Indukan Saat Meloloh Anakan Lovebird

MENU MAKAN INDUKAN PAS LAGI NGELOLOH ANAK
(ADA MASALAH ADA SOLUSI)

Ada temen saya d BBM mengirim photo piyik yang sangat kotor. menginspirasi saya buat ngetik materi ini.
piyik lovebird
Dulu klo saya nanya om klo indukan ngeloloh makannya di kasih apa ??? Jagung dan kangkung tiap hari.....

Asumsi itu ternyata salah seiring lamanya saya ternak trouble trouble breeding saya pecahkan dan selalu saya share sama temen temen!!!

Efek terlalu banyak di kasih kangkung dan jagung tiap dan beberapa solusi yang saya gunakan :
1.      Kondisi glodok menjadi lembab, kotoran nempel di badan piyik. Perhatikan gambar piyik diatas kotoran bisa mengering di bagian mulut sehingga piyik tidak bisa makan, piyik jd kecil dan mati. Liat foto piyikan nonklep saya itu ngeloloh biola sampe bening saking bersihnya palannya aja di foto silawww man.... hahahha
ternak babuan lovebird
2.      Karena lembab ketika piyik pertama dan kedua netes biasanya telor ke 3,4 dan 5 embrio mati di dalam kenapa??? Ingat karena begitu netes intensitas indukan di glodok itu berkurang, karena dya harus bolak balik ngeloloh anak.
3.      Jagung di kasih sesuai jumlah anak yg dya loloh, klo yang di loloh usia piyik 0 - 1 minggu kasih jagung satu bonggol di bagi 4. Klo usia piyik semakin gede tambah porsi jagungnya.
4.      Mau segede apa piyik kasih kangkung barengan sm jagung 2x seminggu.
5.      Berikan makanan lain ( biji haver dan eggfood verselelaga + serbuk gritt) :
·      Serbuk gritt itu kalsium supaya anakan tidak cacat tulang.
·      eggfood : itu kalsium banyak mengandung telur dan madu
6.      Sediakan kayu balok karena insting indukan lb sangat bagus ketika glodok lembab indukan biasanya gigitin serat kayu supaya kondisi glodok tetap kering....jd balok kayu menurut saya wajib harus selalu ada!!!
7.      Perhatikan piyik saya di dalam glodok kinclong sampe botaknya silau, konsisi glodok di piyikan yang udah mau makan biji pun kondisinya bersih dan kering.......
induk babuan lovebird
Tolong share ilmu cetek saya ilmu sepele tp saya yakin berguna biar dibaca oleh para pemula karena fb saya udah full dan ga bisa mantengin fb saya, yang mau share bareng seputar LB Monggo aja invit :
Wa : 081802202305
Pin : 7ac34df8

Penulis : Junot LB

14 comments:

  1. MANTAP GAN.. MAKASIH ILMUNYA

    ReplyDelete
  2. Untuk yg no 5 itu beli dmana ya min??
    Trima kl mw ngjawab...

    ReplyDelete
  3. Boleh nmbah dkit Gan..klo aku pake kulit jgungnya jg slain aku kasih jagung kulitnya ak masukin jg stlah kering wat bkin sarang jg sm LB mkasih mhn maaf

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om, banyak variasinya tergantung kebiasaan kita

      Delete
  4. Mau tau tentang ilmu bredding LB om saya wa yaa

    ReplyDelete
  5. Mantap artikelnya menambah pengetahuan

    ReplyDelete
  6. Sangat berguna om, jarang ada mau ngasih saran,,

    ReplyDelete
  7. Kalow di ksih pur ayam doang saat meloloh bgus ga yh

    ReplyDelete
    Replies
    1. vareasikan dengan yang lain agar lebih bernutrisi

      Delete
  8. klu pakai jagung sama sawi aman ga ya?

    ReplyDelete

Copyright © Lovebird Lovers Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design