Pecinta Burung Lovebird Indonesia

CARA MEMPREDIKSI JENIS KELAMIN LOVEBIRD

Menetukan jenis kelamin pada lovebird memang susah susah gampang, tapi jika kita menekuninya nanti juga kan terbiasa, cara nya adalah dengan melihat bentuk fisik burung dan juga memperhatikan tingkah lakunya.

Body Betina biasanya sedikit lebih besar dari jantan , dan betina memiliki paruh yang lebar ketimbang jantan yang runcing , meskipun kepalanya mungkin sedikit lebih kecil.
Betina memiliki tulang panggul yang lebih luas (karena mereka harus melewati telur) dan biasanya sedikit lebih luas daripada jantan,dan sering bertengger dengan kaki melebar ketimbang jantan bertengger dengan kaki yang rapat.
cara memprediksi jenis kelamin lovebird
Peternak berpengalaman biasanya cukup memegang tulang supit untuk menentukan jenis kelaminnya. Tulang Supit jantan lebih rapat dan keras tidak lentur , sedangkan betina memiliki tulang supit yang renggang dan lentur Ini bukanlah metode yang pasti, namun peternak menggunakan pemahaman sepenuhnya bahwa itu bukan metode pasti.

Lovebirds tidak selalu berpasangan jantan dan betina, tapi kadang-kadang berpasangan dengan Lovebird sesama jenis. Peternak akan mencari tahu tentang pasangan tersebut ketika kedua burung mulai bertelur (10 atau lebih telur dalam kotak bersarang ), atau tidak ada telur sama sekali.

DNA Sexing: Jika Anda ingin memastikan bahwa lovebird sudah sepasang , Anda bisa menggunakan layanan DNA untuk menguji itu.cukup mengirimkan bulu dan DNA darah pada layanan yang sudah tersedia.

Perilaku bersarang:Salah satu karakteristik dari sebuah Lovebird betina dewasa adalah bahwa mereka akan diselipkan materi bersarang di bawah sayap mereka dan membawanya ke dalam kotak sarang mereka. jantan, atau betina muda, juga akan mencoba untuk melakukannya, tetapi biasanya bahan bersarang jatuh sangat cepat dan tidak rutin seperti betina dewasa, Ini adalah cara yang cukup baik untuk menentukan jenis kelamin , dengan akurasi mungkin hingga 80%.
cara memprediksi jenis kelamin lovebird
Jantan menyuapi betina: Jantan akan lebih mungkin untuk memuntahkan makanan nya untuk di suapkan kepada betina nya

Prilaku didalam Glodok :Biasa nya pada siang hari betina lebih sering diam di dalam glodok ketimbang jantan yang sering di luar glodok

Betina Merentangkan sayap:
Betina cenderung merentangkan sayap seperti kapal ketika bertemu jantan pada saat betina tersebut ingin di kawin,sedangkan jantan kadang kadang ada yang berprilaku sama seperti betina hanya saja kurun waktu pada saat dia merentangkan sayap seperti kapal tidak lama seperti betina
Bentuk Ekor :Betina memiliki ujung ekor yg lebar sedangkan jantan memiliki ujung ekor yang runcing.

Cara Menggigit :Betina Menggigit lebih Keras Ketimbang jantan
Ini adalah catatan cara memprediksi bukan cara menentukan jenis kelamin pada lovebird


sumber :
https://www.facebook.com/notes/kli-paris-van-java-komunitas-love-bird-indonesia-bandung-/cara-memprediksi-jenis-kelamin-lovebird/1516273215306156

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird Lovers Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design