Pecinta Burung Lovebird Indonesia

Cara Mengatasi Telur Lovebird yang Gagal Menetas Karena Kekurangan Kalsium

TELUR ISI SEMUA TETAPI YANG MENETAS HANYA 2 EKOR DAN SISANYA MATI DI DALAM.

Kasus seperti ini mungkin pernah di alami oleh semua peternak LOVEBIRD atau unggas lainnya, mari kita bahas asal muasal cangkang telur dulu :
Telur Lovebird
Cangkang telur adalah lapisan terluar dari telur. Lapisan ini dapat bertekstur keras maupun lunak, tergantung jenis telurnya. Cangkang telur unggas umumnya terbuat kalsium karbonat yang dapat larut dalam asam dan melepaskan karbon dioksida". (sumber : Wikipedia)

Dari penjelasan diatas bisa saya simpulkan apa dampak jika burung kesayangan kita yang kurang kalsium :
  1. Lamban / lambatnya pembentukan telur sehingga mengakibatkan jarak keluarnya telur 1 dengan yang lainnya beda jauh ( antara telur pertama dengan telur berikutnya 2,3,4 dst)
  2. Jumlah telur sedikit
  3. kualitas telur yang kurang baik, cangkang tipis mudah pecah dll…
  4. Indukan tiba - tiba Mati
  5. Indukan tiba - tiba lumpuh
  6. kaki piyik cacat tulang (bengkok dll)
Kalsium bisa meningkatkan fertilitas (telur yang dibuahi sel sperma), meningkatkan daya tetas telur dan mengurangi kematian embrio di dalam telur

Contoh kasus pada photo di bawah ini bisa saya simpulkan jarak antara telor ke -1 dan ke -2 dengan telor berikutnya ini beda jauh, pengalamanya saya dirumah setelah kalsiumnya saya cukupi jaraknya netes telor pertama sampe terakhir biasanya Cuma 1 hari saja. Kondisi gambar di bawah 5 telor biola x biola isi semua telor ke -1 dan ke -2 netes tapi telor ke – 3,4 dan 5 gagal netes atau mati di dalam ini di sebabkan 3 telur terakhir kedinginan atau suhu yang di hasilkan oleh indukanya kurang stabil kerena intensitas indukan di dalam glodok itu sudah sangat kurang karena harus bolak balik cari makan dan ngeloloh anaknya yang sudah netes, terkecuali suka ada si jantan makan dan memberikan makanannya ke indukan betina untuk diberikannya lagi ke anaknya ini termasuk tipe jantan yang baik.
Cara Mengatasi Telur Lovebird yang Gagal Menetas Karena Kekurangan Kalsium
Cara Mengatasi Telur Lovebird yang Gagal Menetas Karena Kekurangan Kalsium
Untuk kalsium bisa di dapat dari tulang sotong (asinan), grit atau kemasan modern adanya namanya calclilux (serbuk putih di larutkan dalam air)

Semoga Bermanfaat postingan boleh di share
diskusi boleh isi kolom komentar.

Salam Guyub Rukun

Sumber tulisan : Grup Facebook KLI PVJ Bandung.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird Lovers Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design